IN HOUSE TRAINING - MEMBANGUN SIKAP POSITIF MENUJU PELAYANAN PRIMA

    

 

     Persaingan bisnis dalam bidang jasa perhotelan semakin ketat dikarenakan menjamurnya hotel berbintang di Kota Palembang. Persaingan bisnis hotel tersebut menyebabkan masing-masing hotel berusaha untuk memberikan pelayanan yang maksimal, sehingga banyak hotel telah menerapkan prinsip Pelayanan Prima atau lebih dikenal dengan Service Excellent, dimana mereka memberi pelayanan prima sejak kedatangan pelanggan sampai layanan purna jual.

     Hotel Anugerah menyadari bahwa sangat pentingnya Pelayanan Prima untuk memberikan rasa puas, perhatian dan menumbuhkan kepercayaan terhadap pelanggan. Untuk menunjang hal tersebut, maka Pelayanan Prima harus ditunjang dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, mempunyai visi yang jauh kedepan dan meningkatkan kemampuan dan kiat strategi pelayanan prima.

 

    

 

     Dalam rangka meningkatkan kualiatas pelayanan terhadap pelanggan, Management Hotel Anugerah Palembang mengadakan kegiatan In-House Training yang mengusung tema “Membangun Sikap Positif Menuju Pelayanan Prima.”

      Acara yang diadakan selama dua hari yaitu pada tanggal 01 dan 02 Juli 2012 tersebut diikuti oleh hampir seluruh karyawan/i dari seluruh departemen, dan secara khusus mengundang trainer yang berpengalaman di bidangnya yaitu Bapak Abdullah SST Par, MM sebagai Training Facilitator & Consultant dari ENTERTRAINING Hospitality Service Training Consultant. Metode pelatihan yang diberikan Trainer adalah fun learning, discussion, sharing, group work and presentation, role play, games, and interactive multimedia activities.

 

    

 

     Kegiatan tersebut diawali dengan pembahasan mengenai “Berpikir Positive” yang menjadi cikal bakal motivasi seseorang dalam bekerja dan kemudian dilanjutkan kepokok bahasan utama yaitu “Dasar-Dasar Pelayanan Prima”, dimana prinsipPelanggan adalah Raja “ diperhatikan dengan sungguh-sungguh untuk benar-benar memberikan pelayanan yang dapat memuaskan konsumen. Pentingnya Pelayanan Prima terhadap pelanggan merupakan strategi untuk menghadapi persaingan, karena Pelayanan Prima tidak hanya memberikan rasa puas dan perhatian saja terhadap pelanggan tetapi juga bagaimana cara merespon keinginan pelanggan sehingga dapat memberikan citra dan kesan positif dari pelanggan.

     In House Training tersebut juga berlangsung sangat seru dan meriah, karena para peserta ikut aktif dalam kegiatan training tersebut, baik pada sesi tanya jawab maupun pada saat sesi games yang diadakan oleh trainer, sehingga para peserta sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut dari awal hinga akhir tanpa merasa bosan.

 

    

 

     Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini seluruh staff operasional Hotel Anugerah Palembang dapat menerapkan prinsip Pelayanan Prima kepada pelanggan mulai dari kedatangan sampai mereka meninggalkan Hotel Anugerah, sehingga pelanggan merasa nyaman, betah, dan tetap menjadikan Hotel Anugerah sebagai satu-satunya tujuan untuk menginap, bukan hanya dikarenakan tersedianya berbagai fasilitas yang memberikan kemudahan bagi para pelanggan dalam menjalankan aktifitasnya, tetapi juga dikarenakan pelayanan yang optimal dan benar-benar prima dari seluruh staff yang bertugas.

     Semoga dengan diadakannya kegiatan tersebut, bukan hanya para staff operasional saja yang merasakan manfaat, tetapi yang terutama adalah para pelanggan pun dapat merasakan manfaat secara nyata dengan pelayanan prima yang telah diberikan oleh seluruh staff operasional, sehingga motto yang diusung Hotel Anugerah pun dapat benar-benar terwujud sebagai “ Discover The Friendliest Hotel “